Lygosoma sp.: Cacing berkaki atau kadal seperti cacing…???   30 comments

Pertanyaan yang aneh memang…tapi setelah melihat fotonya pertanyaan itu tidak lagi aneh (maklum…fotonya tidak ada pembandingnya…kondisi tergesa sebelum ‘beliau’nya lari). Spesies dalam foto itu adalah Lygosoma sp., jenis kadal yang kulitnya licin. Tapi jangan salah, apabila kita amati lebih lanjut, kulitnya ternyata juga bersisik. Ketika melihat post-post sebelumnya di blog ini, beberapa orang akan berpikir ini mungkin adalah jenis fauna gua…kurang tepat karena di karst Gunungsewu umumnya kami menjumpainya malah diluar…terutama di wilayah yang lembab.

Ketika menumpai jenis ini, orang akan terperangah dan mungkin kaget…berukuran kecil, panjang seperti cacing namun bisa berlari dan cukup gesit ketika berjalan di atas lumpur…berjalan dengan meliuk-liukkan tubuhnya seperti ular dan kakinya bergerak menggapai-gapai sangat aktif. Mata hanya berupa dua bintik hitam berwarna coklat namun lebih gelap daripada cacing. Yang kami temui di karst Gunungsewu semuanya memiliki warna lebih muda pada bagian ujung kepala, tepatnya di depan muka hingga paling ujung depan. Banyak orang yang belum pernah menjumpainya di karst Gunungsewu. Jenis ini sulit dijumpai mungkin karena kepekaannya terhadap satwa karena pertemuan kami dengan jenis ini dapat dianggap sebagai kebetulansemata karena umumnya kami menjumpai jenis ini pada saat dia baru dalam kondisi tidak siap dan begitu melihat kami langsung lari dan menghilang.

Sempat ada yang menginformasikan pada kami bahwa di karst Gunungsewu terdapat ‘salamander’ dan ternyata setelah kami cek adalah jenis ini (tidak ada salamander di Indonesia…mungkin juga karena belum ditemukan). Kami sendiri selama observasi hanya menemukan jenis ini tiga kali di dua tempat yang berbeda. Yang masih kami pertanyakan adalah keberadaannya di karst Gunungsewu…jenis ini merupakan pendatang atau fauna asli? Namun melihat lokasi perjumpaan, sangat minim kemungkinan jenis ini sebagai pendatang karena lokasi penemuan (dua lokasi) merupakan wilayah yang cukup sulit dijangkau…Lagipula buat apa orang atau apapun mendatangkan spesies ini di wilayah yang terkenal tandus dan gersang ini? Jadi hipotesa kami untuk sementara menyimpulkan bahwa spesies ini adalah jenis asli namun keberadaannya yang mungkin mulai langka karena adanya perubahan kondisi lingkungan karena berbagai macam factor penyebab.

Terakhir kami temui jenis ini tahun 2006 dan hingga saat ini tidak ada perjumpaan lagi…

Posted February 17, 2011 by eddyguano in Fauna

30 responses to “Lygosoma sp.: Cacing berkaki atau kadal seperti cacing…???

Subscribe to comments with RSS.

  1. Saya juga pernah menemukan species yang sangat mungkin sama dengan species ini tepatnya di Muara Bungo Jambi, April 08, 2007

    Photonya baru saya update di Facebook aswery@yahoo.com,

    Its Nice to Share…

  2. kami menemukan jenis ini di rumah kami di cileungsi bogor, memang seperti cacing atau ular. tapi mempunyai kaki. apakah ini kadal langka. bagaimana perawatannya

    • bukan kadal langka namun memang sudahsangat jarang ditemui saat ini.Untuk perawatan saya belum tahu tekniknya karena referrensi mengenai satwa ini masih sedikit. saran saya mungkin lebih baik dilepaskan saja karena satwa ini tidak berbahaya. Terima kasih banyak atas infonya.

  3. didalam rumah, kami kira ini cacing atau ular. bentuk sama seperti dalam gambar. kalau minat bisa hub kami. 021 94869105. entar kami foto dulu

  4. bisa dilihat di facebook saya ridwan wahyudi

    ridwan wahyudi
  5. THANK ATAS INFONYA, KAMI JUGA BERTANYA KEPADA TEMAN KAMI. JUGA PERNAH MENEMUKAN DI DAERAH KALIAMANTAN PADA SAAT BERSIH2 DALAM RUMAH, KADAL INI SERING DIJUMPAI DI TUMPUKAN KAYU YANG ADA SARANG RAYAP. KAYAKNYA SENANG MAKAN RAYAP. KAMI KASIH RAYAB JUGA DIMAKAN. INI KADAL MEMANG JARANG DITEMUKAN.

    • dari jurnal yang saya peroleh memang satwa ini memakan serangga (insectivorous) dan jika dilihat dari mulutnya, diperkirakan satwa ini memakan serangga-serangga kecil seukuran dengan rayap. Namun untuk yang terdapat di Karst Gunungsewu belum diketahui makan apa karena memang sangat sulit dijumpai.

  6. barusan nemu loh makhluk itu d rmh saya,,, makannya saya lngsung searching, cari tau binatang apa ini???

  7. kemarin2 nemu di kamar mandi

  8. sama dirumah ane baru saja di datangi,,, alhasil karena pada takut dimatiin dah

  9. mmm, saya agak pantang dg jenis reptil kcuali ular yg berbisa (karna mengancam jd brani membunuh sndiri) , selebihnya saya “gigu” sama reptil. tapi hewan ini sering banget nongol di kos2an saya, dan sering menyelinap ke kamar, slalu bikin saya kaget karna dia berkaki tapi menggeliaaaaaat hiiiiiiii -,- sungguh sering sekali saya menjumpainya. ternyata memang cacing ya, kirain allien hiks

    • bukan cacing, tapi jenis kadal…namun kadang sulit juga dibedakan dengan anak kadal yang juga wujudnya mirip…perbedaannya pada anak kadal terdapat pola calon sisik di tubuhnya, klo Ligosoma ndak ada…

  10. itu berbisa gak om ?
    dua hari yang lalu saya kedatangan binatang ini dirumah saya di depok. tapi yang saya lihat kakinya cuma 2 di dekat kepala. karena takut berbisa jadi terpaksa deh saya injek pake sandal..

  11. sy udah 2 kali nemu d rmh, tp dua2 nya sy bunuh krn takut

  12. Baru bgd nemuin binatang ini dirumah di daerah depok. Saya gak tau makanya search digoogle ada yg bilang hewan ini berbahaya, berbisa kaya ular cobra. Saya jdi takut, bnr atau tdk?. Hewanya lari entah kmn dicari tdk ketemu, tp spertinya masih dirumah.

  13. http://www.nugroho.net/ular-kaki-empat/
    di link diatas. Sama atau tdk hewannya?

  14. Saya juga barusan ktm sma hewan ini.sempat kaget apakah ular,cacing atw kadal…tp spesies ini jinak.

Leave a Reply

