Burung Gereja…Kosmopolit…   Leave a comment

Siapa yang tidak kenal dengan burung yang sangat familiar ini? Ini adalah jenis burung yang sangat dekat dengan manusia. Mereka hidup di sekitar kita dan umumnya membuat sarang tidak hanya di atas pohon, namun juga di dalam atap gedung atau bangunan. Burung yang satu suku dengan bondol atau emprit (Suku Ploceidae) ini lebih sering dijumpai daripada yang lain karena memang lebih sering berasosiasi dengan manusia daripada burung yang lain.

Burung yang berukuran kecil ini (sekitar 15 cm) umumnya hidup berkoloni dan suaranya yang berupa cicitan sangat khas karena ramai seperti koloni burung Bondol Peking namun nadanya lebih cepat. Burung yang berwarna coklat-hitam-abu-abu-putih ini memiliki mata coklat gelap dan kaki coklat pudar. Burung muda berwarna lebih pucat. Untuk deskripsi warna silahkan dilihat sendiri secara langsung Karena memang sangat mudah untuk dijumpai. Di karst Gunungsewu, burung ini sangat umum berada di kota-kota dan di pedesaan. Burung ini terdapat hampir di semua kawasan. Namun di pedalaman seperti lading dan hutan rakyat burung ini lebih jarang ditemui dan di beberapa tempat memang tidak dijumpai burung ini seperti hutan rakyat di bagian tenggara Gunungkidul. Namun diperkirakan suatu saat akan bertambah lokasi distribusinya seiring dengan pergerakan aktivitas manusia.

Meski pemakan biji, burung ini lebih sering mencari makan di rumput daripada menyerang pertanian. Terdapat beberapa kasus memakan hasil panen namun tidak sebesar dan sesering burung bondol. Untuk mengamati burung ini sebenarnya tidak perlu menggunakan alat bantu seperti binocular atau monocular (kecuali jika ingin pengamatan morfologi lebih detail) karena burung ini tidak ‘malu’ sehingga lebih sering dijumpai. Menurut beberapa orang, burung yang memiliki nama latin Passer montanus atau yang lebih dikenal dengan nama Eurasian Tree Sparrow ini malah sulit untuk diamati dengan alat bantu karena posisi yang lebih dekat dan selalu aktif bergerak.

Posted May 25, 2011 by eddyguano in Burung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: