Gelatik Jawa: Si Hama Cantik yang Kini Langka   Leave a comment

Burung Gelatik Jawa (Lonchura oryzivora / Padda oryzivora) yang dulunya hanya ditemukan di Jawa ini saat ini telah berada di beberapa Negara karena diintroduksi oleh warga asing yang pernah ke Indonesia. Meski daerah distribusinya meluas, kondisinya di Jawa mengalami kemerosotan populasi dari tahun ke tahun hingga ditetapkan sebagai salah satu burung yang langka. Tahun 1980-an hingga 1990-an burung ini diburu karena menjadi wabah padi pada saat akan panen. Selain itu perburuan untuk perdagangan juga marak karena burung ini memang sangat cantik.

Ada yang belum pernah melihatnya? Burung ini merupakan burung pipit / emprit terbesar yang saya temui di karst Gunungsewu. Warna bulunya abu-abu halus, kepala hitam dengan pipi putih, paruh merah muda, perut merah muda, ekor hitam dengan warna putih di bagian bawah. Remaja memiliki warna yang agak pudar. Baru dibayangkan saja sudah cukup menarik.
Di karst Gunungsewu burung ini hanya terlihat di tiga lokasi. Teramati terbang sendiri atau dalam koloni kecil. Bersarang di tebing atau mulut gua / luweng. Sering berkumpul dan bertengger bersama di sekitar sarang. Sangat memperihatinkan apabila membayangkan kondisi burung ini. Ketika ramai mengintroduksi burung ini ke Negara lain, kondisinya di habitat asli yang hidup liar malah hampir punah. Perlu usaha bersama untuk mengembalikan kondisi burung ini agar tidak lagi langka. Bisa dibayangkan ketika burung indah ini sering lewat dan hingga di pekarangan kita tiap pagi dan sore. Namun tetap saja control populasi tetap diperlukan agar burung ini tidak menjadi hama pertanian. Mari kita kembalikan kondisi burung ini di habitat aslinya…

Posted May 25, 2011 by eddyguano in Burung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: