Kipasan belang ‘Don’t Judge the Book by the Cover’   2 comments

Ketika melihat burung ini, terkesan biasa saja namun apabila dilihat lebih lanjut akan menjadi sangat menarik. Burung kipasan belang (Rhipidura javanica) ini sering berkicau sambil mengembangkan ekornya seperti kipas. Memang tubuhnya hanya berwarna hitam dan putih, namun suara dan kebiasaannya mengembangkan ekor sangat menarik. Cirri khas lainnya dari burung ini adalah beberapa rambut panjang yang tumbuh di sekitar paruhnya sehingga mirip seperti kumis (seperti yang dimiliki oleh Bentet kelabu / Lanius schach) Burung ini sering teramati terbang, aktif bergerak di pepohonan dan semak, dan melompat-lompat di tanah. Lebih sering teramati sendiri daripada berpasangan atau dalam kelompok kecil.

Di karst Gunungsewu burung ini tersebar hampir di seluruh bagian namun secara umum populasi burung ini tidak banyak. Burung ini aktif pada pagi hari sekitar pukul 05.00 – 08.00 dan sore hari sekitar pukul 16.00 hingga 17.30. pada sore hari sering teramati menangkap serangga.

Dari pengamatan perilaku, ada beberapa hal yang menarik. Burung ini memiliki kebiasaan untuk kembali ke daerah dimana dulu dia dilahirkan secara rutin. belum diketahui mengapa burung ini melakukan hal tersebut. Selain itu burung ini sangat melindungi daerah bersarangnya (home range) bahkan dari hewan yang lebih besar. Beberapa kali teramati menyambar kucing liar dan mammal kecil lain yang melintas di bawah pohon yang menjadi sarangnya.

Secara tidak langsung, burung ini memberikan pelajaran pada saya bahwa ‘jangan lihat sesuatu dari bentuk dan warnanya’. Karena meski burung ini hanya memiliki warna hitam dan putih namun ternyata apabila kita lebih mengenalnya, burung ini ternyata lebih menarik daripada burung-burung cantik bersuara merdu. Semoga burung ini kondisinya tidak semakin jarang seperti yang terjadi pada saudara dekatnya kipasan ekor merah (Riphidura phoenicura).

Posted May 25, 2011 by eddyguano in Burung

2 responses to “Kipasan belang ‘Don’t Judge the Book by the Cover’

Subscribe to comments with RSS.

  1. sepakat! burung ini emang cantik luar dalam.hehe,,

    blog-mu wuangun mas bro!

    zulfikar abdoellah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: