Kirik-Kirik senja…Burung warna-warni pemakan serangga   Leave a comment

Burung kirik-kirik senja (Merops lenschenaulti) ini bukan berarti burung ini hanya muncul pada saat senja namun juga pagi hari…tapi memang pada sore hari lebih sering dijumpai. Entah bagaimana mendefinisikan warnanya…bagi kami warnanya hijau dengan beberapa agak kebiruan dan ada warna coklat serta warna matanya merah. Untuk lebih detail silahkan baca Mackinnon sendiri…

Keberadaan burung ini di karst Gunungsewu tidak sebanyak yang terdapat di formasi Langgeran dan daerah berbatuan andesit lainnya yang terdapat di sebelah utara karst Gunungsewu. Burung ini sering dijumpai terbang berpasangan mencari mangsa yang berupa serangga dan pada pagi hari sering dijumpai berjemur sendirian atau berpasangan di atas batu atau di ranting tertinggi sebuah pohon. Sangat menarik menyaksikan burung ini yang kadang bertingkah aneh seperti membuka satu sayapnya saat berjemur di atas batu, membanting-banting mangsanya, bolak-balik ke sarang dan dahan, dan tingkah-tingkah aneh lainnya.

Tidak banyak info yang dapat kami sajikan mengenai burung ini karena memang cukup sulit menemukan keberadaannya di karst Gunungsewu. Namun semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi pembaca.

Posted May 25, 2011 by eddyguano in Burung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: