Kuntul Karang: Burung Pantai Paling Familiar   2 comments

Burung air yang memiliki nama latin Egretta sacra ini merupakan burung yang sangat sering ditemui di pesisisr pantai karst Gunungsewu. Dariujung barat hingga ujung timur pantai karst jenis ini dapat ditemui. Namun tidak semua pantai dijamahnya. Tidak hanya di pantai yang berpasir, namun juga di pantai bertebing. Burung ini sangat menyukai aktivitas mencari mangsa di zona pasang surut. Menurut Mackinnon, burung ini memiliki dua warna varian, yaitu warna gelap (abu-abu) dan warna putih. Menurut beliau, kuntul karang yang berwarna abu-abu lebih sering ditemukan. Kedua warna ini terdapat di pantai karst Gunungsewu. Warna putih lebih sulit ditemukan namun bukan berarti lebih sedikit, namun yang warna putih ini lebih sering ditemui di pantai bertebing meski kadang juga terlihat di pantai berpasir.

Apabila kita jeli, Nampak bahwa mata berwarna kuning paruh kuning pucat, dan kaki agak kehijauan bahkan berjambul. Berukuran sekitar setengah meter (perkiraan). Belum pernah terdengar suaranya, namun menurut Mackinnon, suaranya berupakuakan mendengkur parau (pada saat makan) dan suara ‘arrk’ (ketika terkejut). Jenis ini sangat mudah ditemui di pantai karst Gunungsewu di sore hari. Keberadaannya di pantai sangat ditentukan oleh waktu pasang surut air laut. Hal ini karena jenis ini memangsa ikan kecil yang terdapat di karang pada saat surut. Cara berburunya juga sedikit berbeda dengan kuntul yang umumnya hanya diam dan mematuk ikan yang melewatinya. Jenis ini sangat jarang hanya berdiam diri saja, namun selalu bergerak sambil menatap air di bawahnya dan saat ada ikan langsung dipatuk (ini yang di karst Gunungsewu).

Kuntul karang umumnya berada di pantai sekitar pukul 15.00 – 17.30. kurang lebihnya disesuaikan dengan waktu surut air laut. Selain itu burung ini entah berada di mana. Namun di siang hari kami umumnya menemukan jenis ini berada di atas tebing dan beraktivitas kecil seperti jalan-jalan, mematuki rumput dan lain-lain. Mungkin mengisi waktu luang sambil menunggu air laut surut. Hingga saat ini kami belum menemukan sarangnya dimana. Mackinnon mengungkapkan bahwa kuntul karang ini bersarang di tanah atau di tebing atau di daerah karang dan berbatu. Yang tertarik menyaksikan aktivitas burung ini, silahkan bergabung dengan kami…

Posted May 25, 2011 by eddyguano in Burung

2 responses to “Kuntul Karang: Burung Pantai Paling Familiar

Subscribe to comments with RSS.

  1. wah keren ……:) mudah2an terus lestari
    http://www.seemeagain.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: