Cinenen Kelabu: Saudara dekat si Endemik Jawa   Leave a comment

Setelah pembahasan mengenai Cinenen Pisang (Orthotomus sutorius) yang merupakan burung endemic Jawa beberapa bulan lalu, kita bahasa saudara dekatnya yang juga mudah dijumpai di Karst gunungsewu, yaitu Cinenen Kelabu (Orthotomus ruficeps). Burung ini memang bukan burung endemic di Jawa dan keberadaannya masih sering dan mudah untuk dijumpai, namun burung ini cukup menarik untuk diamati. Dalam Bahasa Jawa, Cinenen ini sering disebut sebagai burung prenjak, dan burung Perenjak (Prinia sp.) malah disebut sebagai burung Ciblek. Namun ada juga yang menyebutkan cinenen dan ciblek sebagai burung prenjak.

Kita lupakan soal nama dulu…pada postingan burung Cinenen pisang, sudah kita bicarakan mengenai deskripsi morfologinya. Pada cinenen kelabu ini tidak berbeda jauh kecuali warna merah karat tidak pada mahkota, namun pada bagian muka dekat mata.selain itu suaranya juga lebih panjang dan tidak senyaring Cinenen pisang.

Tidak seperti cinenen pisang, populasi burung ini diperkirakan lebih banyak daripada saudaranya si cinenen pisang. Menurut MacKinnon, burung ini tidak hanya ditemui di Pulau Jawa, namun di beberapa pulau lainnya. Begitu pula kasus di Karst Gunungsewu. Burung ini tidak hanya ditemui di sekitaran pesisir selatan, namun hampir di semua bagian termasuk di Plato Wonosari. Sering mengunjungi pohon-pohon terutama pohon buah yang sedang berbunga seperti jambu air (Eugenia sp.) dan mangga (Mangifera sp.) atau yang dihinggapi oleh benalu.

Kebiasaannya tidak beda jauh dengan cinenen pisang. Terbang sambil kadang bersuara ‘cit’ dengannyaring atau meloncat-loncat di dahan pohon sambil bersuara. Umumnya dijumpai pada pagi hari atau sore hari. Beberapa kali menjumpai di siang hari namun biasanya tidak bersuara. Akan tetapi burung ini ternyata juga beredar di pasaran…banyak orang yang memperdagangkan burung ini. Semoga hal tersebut tidak berdampak buruk pada keberadaan dan kelestarian burung ini.

Salam Lestari

Posted September 21, 2012 by eddyguano in Fauna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: